Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Libur Nasional 2021 yang Perlu Kamu Tahu

Hari Libur Nasional 2021

 Hari Libur Nasional 2021 - Setiap negara di dunia pasti memiliki hari libur nasional, begitu juga di Inonesia yang setiap tahunnya pasti memiliki hari libur nasional. Di tahun 2021 ini Indonesia memiliki beberapa hari libur nasional yang perlu untuk kamu ketahui.

Setidaknya ada 15 haru libur nasional 2021 yang sudah di tetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Hari libur tersebut meliputi perayaan agama dan perayaan kenegaraan, Nah, berikut ini daftar hari libur 2021 yang harus kamu ketahui.

Tahun Baru Masehi (1 Januari)

Tahun baru masehi selalu jatuh di hari yang sama, yaitu di awal tahun 1 januari. Umumnya satu hari sebelumnya yaitu 31 desember, mayoritas orang akan begadang semalam suntuk untuk menunggu pergantian tahun.

Tahun Baru Imlek (12 Februari)

Berbeda dengan hari libur sebelumnya, tahun baru imlek selalu jatuh di hari yang berbeda. Di tahun 2021 ini tahun baru imlek jatuh di hari Jumat tanggal 12 janiaru. Hal itu di karenakan penanggalannya mengikuti kalender imlek yang berdasarkan perputaran matahari dan bulan.

Hari Raya Nyepi (14 Maret)

Hari libur nasional ini juga sama-sama merayakan tahun baru, hanya saja hari raya nyepi ini menggunakan penanggalan Saka. Di tahun 2021, hari raya nyepi jatuh di tanggal 14 maret. Hari raya nyepi ini di rayakan oleh umat Hindu di Indonesia dan biasanya perayaan ini akan lebih terassa di pulai Bali yang mayoritasnya adalah umat Hindu.

Isra Mi'raj (12 Maret)

Dalam penanggalan Islam, Isra Mi'raj selalu diperingati setiap tanggal 27 bulan Rajab. Sedangkan untuk penanggalan masehi dirayakan pada tanggal 12 maret 2021. Isra Mi'raj sendiri merupakan sebuah peringatan ketika Nabi Muhammad SAW pertama kalinya diberikan perintah salat lima waktu.

Jum'at Agung (2 April)

Jumat agung merupakan perayaan keagamaan untuk umat Nasrani yang ada di Indonesia. Jumat agung merupakan perayaan untuk memperingati hari Penyaliban Yesus dan wafatnya di Golgota. Di tahun ini, Jumat Agung jatuh di tanggal 2 april 2021.

Hari Buruh (1 Mei)

Hari buruh atau kadang juga sering disebut dengan 'May Day' ini pertama kali diperingati ketika jatuhnya rezim Orde Baru. Hari libur nasional ini di khususkan untuk memperjuangkan hak-hak para buruh di Indonesia. Di tahun 2021 hari uruh jatuh pada tanggal 1 mei.

Hari Raya Waisak (26 Mei)

Hari raya waisak merupakan perayaan untuk umat Budha di seluruh dunia. Hari raya waisak merupakan hari untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam hidup Budha. Hari raya waisak di tahun 2021 ini di peringati pada tanggal 26 mei.

Kenaikan Isa Almasih (13 Mei)

Hari libur nasional yang satu ini merupakan hari besar keagamaan umat Nasrani yang memperingati kenaikan Yesus ke surga. Hari Kenaikan Isa Almasih ini selalu di rayakan pada hari kamis.

Hari Lahir Pancasila (1 Juni)

Hari Lahir Pancasila ini baru saja resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2016. Sementara itu pencetus hari lahir Pancasila sebagai hari libur nasional adalah Presiden Joko Widodo.

Hari Raya Idul Fitri (12-13 Mei)

Sering juga disebut dengan Lebaran, di mana hari libur nasional ini merupakan puncak dari ibadah puasa yang dilakukan oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia.

Hari Raya Idul Adha (19 Juli)

Hari raya Idul Adha juga sering disebut dengan hari raya kurban yang merupakan perayaan untuk umat muslim. Biasanya di hari raya ini juga akan ada acara bagi-bagi daging kurban ke semua umat muslim.

Tahun Baru Islam (9 Agustus)

Tahun Baru Hijriah atau lebih kita kenal dengan Tahun Baru Islam selalu di peringati setiap tanggal 1 Muharram pada kalender Hijriah. Tahun Baru Hijriah ini bertujuan untuk memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah.

Hari Kemerdekaan RI (17 Agustus)

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini selalu di peringati pada tanggal yang sama taitu 17 Agustus. Di mana pada tanggal inilah terjadi periswiwa bersejarah yaitu diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia.

Maulid Nabi Muhammad SAW (18 Oktober)

Maulid Nabi sudah sejak lama ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional. Di mana pada hari ini di peringati sebagai hari kelahIran atau Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hari Natal (25 Desember)

Di penghujung tahun kita pun masih memiliki satu hari libur nasional lagi, yaitu hari natal. Di mana setiap tahunnya hari natal ini selalu dirayakan pada tanggal 25 desember.

Nah, itulah tadi daftar hari libur nasional 2021 yang perlu kamu ketahui. Wah, ternyata kita memiliki hari libur nasional yang cukup banyak. 

Post a Comment for "Hari Libur Nasional 2021 yang Perlu Kamu Tahu"