Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kriteria Memilih Mainan Edukasi Anak yang Tepat

Kriteria Memilih Mainan Edukasi Anak

 Memberikan mainan kepada anak menjadi salah satu bentuk rasa sayang orang tua. Namun banyak orang tua yang masih sembarangan dalam memberikan mainan kepada anaknya. Padahal mainan sangat menunjang tumbuh kembang anak untuk kedepannya. Sehingga para orang tua harus lebih selektif dalam memberikan mainan kepada anak.

Nah, agar tumbuh kembang anak bisa lebih optimal ada baiknya para orang tua memberikan mainan yang bersifat mendidik.Namun sebelum itu, ada baiknya orang tua mengetahui terlebih dahulu tips memilih mainan edukasi anak yang tepat.

Memilih Mainan Edukai yang Tepat untuk Anak

Ada empat tips yang dapat membantu para orang tua dalam memilih mainan edukasi yang tepat untuk anaknya. Apa saja tipsnya? Seimal ulasannya di bawah ini.

1.Sesuaikan dengan Usia Anak

Banyak orang tua yang mengabaikan keterangan usia pada mainan. Padahal memberikan mainan yang sesuai dengan usia anak adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Alasannya adalah karena anak memiliki kemampuan dan pemahaman yang berbeda di setiap tahapan usia.

Dengan memberikan mainan yang sesuai untuk anak, maka memungkinkannya untuk menikmati kegiatan bermainnya. Jangan sampai anak merasa bosan karena mainan yang kamu berikan terlalu sulit di mainkan atau terlalu mudah sehingga tidak menyenangkan untuk di mainkan.

2.Manfaat dari Mainan

Selain menyenangkan pastikan juga mainan yang di berikan memiliki nilai manfaat berupa edukasi. Karena dengan memberikan mainan yang tepat juga akan membantu tumbuh kembang si anak sekaligus sebagai sarana eksplorasi untuk mengaktifkan indranya serta dapat merangsang cara berpikir, motorik halus dan kasar, mem[erkuat otot mereka dan meningkatkan kreativitaas serta imajinasi mereka.

3.Kesukaan Anak Saat itu

Ketika ingin memberikan mainan kepada anak, orang tua juga bisa mencari preferensi dari kesukaan anak pada saat itu. Karena di usia tertentu anak sudah bisa menentukan apa saja yang mereka suka dan tidak suka. Dengan memberikan mainan kesukaan anak maka dapat meningkatkan antusiasme anak ketika bermain. Tetapi orang tua juga harus memperhatikan apakah mainan tersebut sudah sesuai dengan usia si anak dan aman untuk di mainkan.

4.Pastikan Keamanan Mainan

Mainan yang bagus pastilah di buat dengan memprioritaskan kenyamanan dan keamanan. Maka dari itu jangan memberikan mainan kepada anak hanya berdasarkan lucu dan menggemaskan saja. Melainkan faktor keamanan adalah hal yang paling penting untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada anak.

Mainan edukasi anak kini mulai banyak di lirik dan banyak produsen yang membuat mainan-mainan tersebut serta mengklaim bahwa mainannya dapat merangsang atau meningkatkan kecerdasan otak anak. Namun tak semua mainan edukasi itu bak bahkan ada mainan yang tak memiliki nilai edukasi sama sekali. Berikut ini kriteria mainan edukasi anak yang perlu kamu ketahui.

Mainan yang Sederhana

Mainan yang bagus tidak harus selalu mahal dan di lengkapi dengan teknologi canggih. Mainan yang edukatif justru memiliki sifat yang sederhana dan mudah di pahami serta di mainkan oleh si anak.

Mainan yang Mengasah Kreativitas

Terkadang kita bisa memberikan mainan edukasi kepada anak tanpa perlu membelinya atau bahkan tanpa menggunakan mainan itu sendiri. Karena kita bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekita untuk di jadikan sebagai mainan selama benda tersebut tidak berbahaya. Tangkai es krim, botol minuman kosong, kerdus semua bahan tersebut bisa di buat menjdi mainan untuk meningkatkan kreativitas anak.

Mainan yang Mengasah Daya Imajinasi

Mainan yang bisa mengasah daya imajinasi anak tak harus selalu mahal, terkadang mainan yang terlalu mirip dengan aslinya justru menghambat imajinasi si anak. Sebagai contoh, Sebagai contoh sebuah sendok maka bisa mengalahkan mainan mobil remote control yang mahal karena imajinasi dari si anak.

Demikianlah pembahasan kami untuk kriteria memilih mainan edukasi anak yang tepat. Dengan memberikan mainan yang tepat untuk anak maka akan membantu meningkatkan pertumbuhan si anak.

Post a Comment for "4 Kriteria Memilih Mainan Edukasi Anak yang Tepat"