Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tahap Belajar Arduino untuk Pemula Agar Cepat Paham

Belajar Arduino untuk Pemula

Arduino memang perangkat yang menarik untuk di pelajari. Berbagai proyek dan perangkat Arduino yang terus berkembang dari segi kemampuannya membuat microcontroller Arduino bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Buat kamu yang masih pemula tak perlu takut, karena saat ini sudah ada banyak sarana yang bisa di gunakan untuk belajar Arduindo.

Apalagi saat ini juga sudah banyak layanan kursus Arduino di Indonesia, jadi kamu tak perlu pusing ingin belajar di mana atau ingin bertanya ke siapa karena komunitas Arduino juga sudah sangat menjamur. Nah, buat kamu yang belajar sendiri kami akan memberikan tahapan bagaimana belajar Arduino bagi pemula.

1.Mengenal Arduino

Tak kenal maka tak sayang, maka tahap awal yang harus kamu lakukan dalah mengenal apa itu Arduino. Secara senderhana, Arduino merupakan sebuah platform yang terdiri dari perangkat Software bernama Arduino IDE dan Hardware yang bernama Arduino Board. Di mana fungsi dari perangkat ini adalah untuk memudahkan orang dalam mempelajari pemograman serta pembuatan berbagai proyek-proyek.

2.Pemilihan Board Arduino

Arduino menjadi platform yang punya banyak varian papan atau board yang bisa di gunakan. Setiap board Arduino sudah di lengkapi dengan Microcontroller. Akan tetapi microcontroller yang sering di pakai pada board Arduino adalah AVR.

Sehingga ada banyak varian board Arduino yang bisa di pakai, seperti uno, nano, mega dan lain sebagainya. Namun sebagai seorang yang baru mau mulai belajar Arduino kamu bisa menggunakan varian board Arduino Uno saja karena varian board ini mudah di temukan di toko elektronik.

3.Mengenal Software Arduino

Software Arduino berguna untuk memprogram board Arduino. Sehingga kamu harus memahami setiap bagian dari software Arduino ini.Dengan memahami setiap fungsi yang ada pada software Arduino IDE maka kamu bisa lebih mudah dalam mengoperasikannya. Ada banyak tutorial dan panduan yang membahas seputar software ini, jadi kamu tak perlu bingung untuk mencari referensinya.

4.Memilih Kit Arduino yang Tepat

Kit Arduino menjadi solusi terbaik untuk para pemula yang baru belajar. Karena di dalam Kit Arduino sudah di sediakan tutorial dan panduannya. Harga untuk Kit Arduino asli sangat beragam, namun jika kamu menemukan Kit Arduino dengan harga terlalu murah bisa jadi itu palsu.

Setidaknya ada tiga varian Kit Arduino yang bisa kamu pilih yaitu Arduino Startet Kit Multi-Language, Beginner Kit of Arduino dan Starter Kit Arduino Full Project. Ketiganya punya harga yang berbeda serta kelengkapan tutorial yang berbeda pula.

5.Menggunakan eBook Sebagai Panduan

Sebagai seorang pemula, keberadaan eBook sangat penting sebagai panduan untuk belajar Arduino terutama eBook yang memberikan penjelasan secara mendetail. Umumnya artikel yang ada di blog atau forum komunitas Arduino sifatnya acak, sehingga akan membuat bingung para pemula yang ingin belajar secara bertahap.

Sementara itu jika dari eBook, pemula bisa belajar secara bertahap sesuai dengan daftar isi yang ada di eBook tersebut. Biasanya eBook di bagikan secara gratis di internet dan komunitas Arduino. Selain dari eBook kamu juga bisa belajar dari tutorial Kit Arduino.

6.Mulai Uji Coba dengan Proyek Sederhana

Setelah memahami semua poin di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat proyek Arduino sederhana. Di mana proyek yang paling sering di uji coba adalah LED blink. LED blink adalah sebuah proyek untuk menyalakan LED dengan cara menghubungkan LED ke pin 13.

Sehingga kita dapat membuat perintah untuk mengatur perulangan LED berkedip atau LED blink. Dengan mengerjakan proyek sederhana ini para pemula bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai dasar-dasar elektronik serta sketch program Arduino.

Salah satu 

Salah satu layanan jasa Arduino terbaik yang ada di Indonesia adalah indobot.co.id yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang elektronika. Tak hanya melayani jasa Arduino saja, melainkan juga melayani kursus serta pembelajaran Arduino. 

Demikianlah pembahasan untuk tahap belajar Arduino untuk pemula. Jika kamu merasa kesulitan dalam belajar platform ini, maka kami sarankan untuk mengukuti kursus Arduino yang harganya juga cukup terjangkau.

 

Post a Comment for "6 Tahap Belajar Arduino untuk Pemula Agar Cepat Paham"