Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Smartphone dengan Benar Agar Awet

Cara Merawat Smartphone dengan Benar

 Cara Merawat Smartphone - Smartphone menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak di gunakan orang. Bukan hanya agar terlihat lebih kekinian, tetapi juga smartphone dapat memudahkan kita dalam berbagai urusan. Entah itu untuk urusan komunikasi, pekerjaan, hiburan dan bahkan untuk mencari berbagai informasi pun dapat di lakukan lewat smartphone.

Menjadi perangkat yang sangat penting tentu kamu tak mau jika smartphone kamu tiba-tiba mengalami kerusakan. Apalagi, melihat harga smartphone yang relatif cukup mahal untuk sebagian orang membuatnya menjadi barang yang sangat berharga. Nah, untuk itulah pada artikel kali ini Sketsahati ingin memberikan tips bagaimana cara merawat smartphone dengan benar agar awet.

Cara Merawat Smartphone dengan Benar

Ada namual a;asam mengapa sebuah smartphone yang baru saja di beli jadi mudah rusak. Di antaranya karena kurangnya perawatan atau justru karena cara perawaatan yang salah. Nah, untuk itulah supaya smartphone kamu lebih awet dan tidak mudah rusak simak cara merawat smartphone dengan benar di bawah ini.

Jangan Gunakan Smartphone untuk Main Game

Salah satu kebiasaan pengguna adalah menggunakan smartphone untuk bermain game terlalu lama. Sebenarnya ini tidak akan menjadi masalah jika kamu hanya memainkan game-game ringan seperti Angry Bird, Subway Surfers dan sebagainya. Akan tetapi ini akan menjadi masalah jika kamu menggunakannya untuk bermain game berat.

Apalagi jika kamu memaksakan smartphone untuk memainkan game yang sebenarnya kurang kompatibel untuk smartphone. Hal ini akan memaksa sistem pada smartphone untuk bekerja dengan keras agar bisa menjalankan game tersebut dengan baik. Akibatnya akan terjadi overheat yang bisa saja mengakibatkan kerusakan pada komponen smartphone.

Menggunakan Anti Gores

Layar adalah salah satu bagian penting dari smartphone, layar yang rusak tentu akan membuat segala aktivitas kita di smartphone terasa kurang nyaman. Maka dari itu untuk menjaga layar agar tetap mulus dan bersih ada baiknya kamu menggunakan anti gores yang berkualitas. misalnya saja anti gores dari Gorilla Glass.

Fungsi utama dari anti gores ini adalah untuk melindungi layar smartphone dari berbagai goresan ringan yang mungkin bisa saja terjadi ketika kamu membawa dan menggunakan smartphone. Ada banyak brand anti gores, akan tetapi yang paling banyak di gunakan adalah Corning Gorilla Glass. Selain harganya yang lebih murah kualitasnya pun tak perlu di ragukan lagi.

Menggunakan Case Tambahan

Meskipun kamu menggunakan smartphone flaghship yang biasanya menggunakan material aluminium yang tentu lebih kuat dari bahan plastik. Tetap saja kamu membutuhkan sebuah soft case atau casing tambahan. Alasannya karena bodi smartphone yang terbuat dari bahan aluminium bisa mengalami bengkok jika tertindih sesuatu.

Maka dari itu agar tak terjadi hal seperti ini ada baiknya kamu menggunakan soft case. Selain melindungi smartphone kamu ketika terjadi benturan atau bahkan terjatuh, soft casr juga akan melindungi bodi smartphone dari goresan. Pilihlah soft case yang memiliki bahan berkualitas meskipun harganya sedikit mahal.

Gunakan Charger Original

Sebagai perangkat elektronik yang sangat bergantung pada baterai, sudah seharusnya kita sebagai pengguna juga perduli dengan kesehatan baterai smartphone. Agar baterai smartphone lebih awet dan memiliki masa pakai yang oanjang. Sebaiknya kamu menggunakan charger original ketika ingin mengisi ulang daya smartphone.

Charger bawaan sudah di desain khusus untuk smartphone yang kamu gunakan, arus listrik yang di hasilkan pun juga di sesuaikan dengan smartphone kamu. Hal itu tentu bertujuan agar tidak terjadi overheat ketika sedang proses pengisian daya. Selain itu biasakan juga untuk tidak membiarkan smartphone dalam kondisi 0% daya baterai.

Rutin Membersihkan Smartphone

Tips terakhir sekaligus yang paling penting adalah membersihkan keseluruhan bodi smartphone secara rutin. Kamu bisa membersihkan permukaan smartphone dengan kain halus agar tidak menggores bodi smartphone. Jika ada kotoran yang sulit di hilangkan kamu bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkannya.

Supaya smartphone kamu juga bersih dari bakteri kamu juga bisa membersihkannya menggunakan kain yang di campur dengan air alkohol. Atau kamu juga bisa membeli tisu beralkohol yang banyak di jual di toko-toko. Dengan begitu smartphone kamu akan bersih dari kotoran dan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Post a Comment for "5 Cara Merawat Smartphone dengan Benar Agar Awet"