Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Rambut Agar Sehat

Cara Merawat Rambut - Sama seperti kulit dan bagian tubuh lainnya, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut yang benar agar tetap sehat. Apalagi untuk seorang wanita, rambut adalah bagian tubuh yang sangat penting. Pasalnya dengan memiliki rambut yang sehat dan terawat akan menunjang penampilan dan akan menambah rasa percaya diri ketika bertemu dengan banyak orang.

Ketimbang kamu menghabiskan banyak uang pergi ke salon atau tempat perawatan rambut alangkah baiknya kamu untuk merawat rambut sendiri di rumah. Selain lebih hemat kamu juga jadi lebih tahu apa saja yang di butuhkan oleh rambutmu. Nah, pada artikel kali ini Sketsahati ingin berbagi tips seputar bagaimana cara merawat rambut agar sehat dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat Rambut Agar Sehat

Merawat rambut sebenarnya tak sesulit merawat bagian tubuh lainnya. Sehingga kamu sendiri pun sebenarnya bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentunya dengan cara-cara yang benar supaya rambut kamu sehat. Berikut ini kami akan mengulas secara tuntas bagaimana cara merawat rambut dengan benar agar sehat dan tak mudah rusak.

Gunakan Sampo yang Sesuai Jenis Rambut

Cara merawat rambut yang benar agar terlihat berkilau, sehat dan bersih adalah dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Pastikan jika kamu mencari produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan rambut, bukan berdasarkan harga yang paling mahal apalagi brand yang paling bagus.

Selain itu pilih juga produk yang yang tidak mengandung zat-zat yang bisa saja berbahaya untuk kesehatan rambut kamu seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfat. Kamu bisa bereksperimen dengan mencoba beberapa merk sampo dengan harga yang berbeda namun memiliki kandungan yang sesuai dengan jenis rambut kamu.

Gunakan Kondisioner

Menerapkan kondisioner pada rambut juga menjadi salah satu perawatan rambut yang sangat penting demi mendapatkan rambut yang bersih, lembut dan mudah untuk di sisir. Kamu dapat mencoba menggunakan kondisioner yang satu brand dengan sampo, atau bisa juga berbeda, tergantung pada cocok atau tidaknya.

Sama halnya seperti sampo, kebutuhan setiap orang dalam menggunakan kondisioner pasti berbeda-beda tergantung dari individu dan kondisi rambut itu sendiri. Selain penggunaan yang berbeda untuk masing-masing orang, cara menerapkan kondisioner pada rambut juga harus benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan Berlebihan dalam Melakukan Perawatan

Saat basah rambut cenderung rapuh dan gampang rontok. Maka dari itu sebaiknya kamu mengeringkan rambut dengan mengelapnya menggunakan handuk yang lembut secara perlahan sebagai langkah untuk merawat tambut dengan benar. Selain itu ketika rambut dalam kondisi basah sebaiknya kamu tidak menyisirnya secara berlebihan.

Begitu juga ketika ingin menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Kamu jangan pernah melakukannya secara berlebihan. Bukannya malah membuat rambut kamu jadi lebih sehat, justru malah rambut kamu jadi mudah rusah dan gampang rontok akibat dari perawatan yang di lakukan secara berlebihan.

Kurangi Penggunaan Catokan dan Pengering Rambut

Cara merawat rambut berikutnya adalah membatasi penggunaan catokan dan alat pengering rambut. Memang rasanya sulit jika tidak menggunakan kedua alat tersebut. Akan tetapi terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut justru malah akan melemahkan rambut, terutama untuk kamu yang memiliki ramut halus, kerng dan rapuh.

Jika Anda menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan agar alat tersebut berjarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut. Selain itu selalu gerakan alat pengering rambut jangan fokus hanya di satu titik saja untuk menghindari kerusakan rambut yang mungkin saja bisa terjadi.

Hindari juga penggunakan pengering rambut dan catokan setiap hari. Kamu bisa menggunakan kedua alat tersebut paling tidak 2-3 kali dalam seminggu agar rambut kamu tetap sehat alami. Sementara itu jika kamu ingin mewarnai rambut usahakan untuk menggunakan warna yang masih sama dengan warna asli rambut kamu.

Aplikasikan Pijatan Pada Kepala

Sebuah studi membuktikan jika pijatan pada kulit kepala akan sangat baik untuk ,emingkatkan ketebalan serta menguatkan rambut seiring waktu. Lakukan pijat ini dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Pijatan ini bisa dilakukan kapan saja. Entah saat rambut Anda kering atau saat basah sebelum menggunakan sampo.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips bagaimana cara meraat rambut agar sehat dan tidak mudah rusak. Dengan memiliki rambut yang sehat dan indah, di jamin rasa percaya diri kamu akan meningkat ketika bertemu dengan banyak orang.

Post a Comment for "5 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Tidak Mudah Rusak"