Tuesday, September 21, 2010

Baso Daging Sapi


Description:


Enak gak enak, yang penting dah nyoba bikin.
Cihuy. Sekali bikin, langsung layak dimakan.
Rasanya seperti apa?
hihi.. yang penting ndak ada korban sakit perut melilit. :P

Ingredients:




1. Bahan Baso:

1 kilo daging sapi cincang
2 telor ayam
Bawang putih
Garam
Bawang goreng
Tepung tapioka
Es batu

2. Bahan Kuah Baso:

Air bekas rebusan baso
Tulang iga
Kaldu sapi


Directions:

1. Baso Daging Sapi:

1. Campur daging cincang, telor, bawang putih, garam, bawang goreng.
Ta tambahin gula, sebagai pengganti mecin.
2. Kemudian giling halus dan rata (bisa dengan food processor) bahan no 1 dengan tepung tapioka dan es batu. Takarannya kira-kira demikian: 4 sendok daging giling + 4 sendok tapioka + 1 sendok es batu.
Foto di atas, hasil giling satu kali aja. Jadi ndak mulus deh. Kalo mau lebih mulus, bisa diulang lagi gilingnya.
3. Siapkan air mendidih.
4. Bentuk bulatan dengan besar sesuai selera. Masukkan ke dalam air mendidih. Kalo baso sudah mengapung, sudah bisa dikategorikan 'mateng'. Kalo mau lebih yakin lagi, ya bisa cicip donk. :P
5. Siap deh buat nyari temen makannya.


2. Kuah Baso:

Air rebusan baso + tulang iga + kaldu sapi (banyaknya sesuai selera) direbus. Lada atau mau garam lagi bisa langsung dicampur atau tergantung kepada penikmat (mie) baso untuk meracik bumbu sendiri.

Berhubung baru mencoba pertama kali, dan ndak pake bahan pengawet, plus ndak ta simpen di rumah (dihibahkan ke temen), jadi ndak tau bisa disimpen berapa lama di lemari es.

Silakan mencoba.

Bagi yang telah berpengalaman, daku akan amat sangat bahagia bila dibagi tips yang uhuy. :)
Makasih banyak sebelumnya.

Oeps.
Oh ya, dikarenakeun terlalu konsen ke baso, jadi ndak kepikiran bikin foto yang bisa menggoda yang melihat dan mengundang selera banget gt loh. Seadanya yaa.. :)

No comments:

Post a Comment