Sunday, October 05, 2008

bank, abang, ada duit, sayang, gak ade...


.. judul yang ambil asiknya aja lah...



uang, duit. mungkin bisa jadi magnet terbesar dalam keseharian manusia.

klo diumpamakan hidup ini adalah sebuah dos yang isinya... ada rasa, ada fisik, ada barang, ada benda, ada macam-macam deh, dan si duit ada di dalamnya, mungkin saja duit ini ada di tengah dos yang jadi titik sentral. mungkin. (singkatnya bijitulah).

nah. si jajaran duit punya salah satu cerita sejak 2 minggu lalu. berkaitan dengan bank dan si abang.
tentang si F yang tadinya beli si A, eh, malah kelimpungan, dan dapet bantuan dari P. hayo coba tebak si huruf-huruf ituh.


===

dan abang jampang pun aktif mengikuti berita.
senin lalu (29/9) terjadi krisis ini. hampir 1/2 F disokong oleh P.

"bang, masih punya kerjaan gak?"

"tenang aja, neng. abang masih punya kerja donk. malah sekarang lebih pasti karena P dukung si bank."

"syukurlah, bang."

"gak perlu khawatir, neng."


lalu abang jampang kembali bekerja setelah jumat dan senin lalu ambil cuti.
si eneng yang ikut ambil cuti hari senin pun kelimpungan di hari selasa. mana lagi 3 kolega yang ngerayain suikerfeest ikut libur, jadi sibuk dah.
alasannya: karena... eh karena! gara-gara berita heboh tentang perubahan bank-bank yang ada, beberapa pemegang rekening di tempat eneng bekerja juga berlomba mindahin duitnya ke bank lain.

eala alaaa... kok ya gampang terpengaruh dengan berita yakh.
paniknya cefet aja deh.


"bang, banyak klien yang mindahin duitnya hari ini."

"normal lah, neng. itu kan duit mereka. ya jadi binun donk dengan keadaan sekarang."

"bank nya abang gimana donk. duitnye aman?"

"kan ada P yang ngikut dukung. tenang aja lah. beurs hari ini juga udah mendingan. tinggal nunggu jalan tembok yang sekarang lagi gak jelas."
(kekeke... jalan tembok!).

aih.. aih.. duit bisa mempengaruhi banget yakh.



jumat malam kemaren (3/10), waktu si eneng ikutan nimbrung outing nya abang en kolega, makan malem bareng gituh. ada berita baru lagi.

"gefeliciteerd. je bent nu een ambtenaar.." kata mereka satu ke yang lain.

haha.. salah satu celotehan di meja makan. P ambil alih bank F en A. 100% dimiliki oleh P.
tapi ndak yakin klo semua pekerja bank menjadi pegawai negri. masih nunggu senin besok. dengan berbagai jalan cerita di balik semua pengagetan di awal weekend kemarin.

ah, menanti senin dengan perkembangan baru...


bagaimana weekend kalian???
sudah siap dengan senin?



P = Pemerintah ; Staat ; De Nederlandse Overheid

F = Fortis Bank
A = ABN Amro
suikerfeest = lebaran
beurs = stock market
jalan tembok = wall street
ambtenaar = pegawai negri


Link:

- NOS Journal: Bos: Fortis vrijwaren van besmetting
- CNN Europe: Scramble on to rescue huge banks



No comments:

Post a Comment