Saturday, December 01, 2007

Asian Plaza


Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Asian
Location:Rotterdam

Restaurant Wok, di Belanda dikenal sebagai salah satu bentuk resto dengan sajian buffet dan koki yang siap masak. Bayar 1 kali untuk makan tanpa batas. Artinya, mau nambah berapa kalipun, selama mengambil menu dari buffet, ya bayarnya 1 harga. Sedangkan untuk minuman, dibayar terpisah.



Buffet yang ada berupa makanan mentah (daging,ikan, sayur) dan makanan matang. Juga berupa menu pembuka, menu utama, ataupun menu penutup. Untuk bahan-bahan mentah, para koki yang siap sedia di belakang wajan masing-masing akan memasak menu pilihan yang diambil dari buffet dan dengan saus yang kita pilih.

Asian Plaza adalah restaurant wok ke-sekian yang sempat ta icipi. Jumat kemarin, selesai kerja, bersama dengan kolega dan bos, dan bosnya bos (hehe..), kami makan bareng, ber-15 orang.

Lokasi:
Saya dengar mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Sedangkan dengan kendaraan pribadi, lokasinya cukup mudah ditemui karena tidak jauh dari afslag s104. Dan bisa parkir di Q-Park di belakang Albert Heijn. Ikuti saja tanda P. Klo ingin parkir tanpa bayar, klo beruntung, bisa di sekitar lokasi. Tapi yang pasti tidak di depan Asian Plaza langsung.

Ruang:
Bagi saya yang terbiasa dengan Gouden Wok A4, restaurant Asian Plaza ini sesak! Terlalu sempit untuk begitu banyak orang. Sepertinya banyak grup yang juga punya ide untuk makan bareng hari itu, banyak kursi yang bersentuhan. Untuk jalan di antara mejapun mesti nunggu, yang mau lewat siapa duluan. Hampir sama seperti Mr Wok yang di Rotterdam (sebrang Rumah Makan Malaka, di daerah De Kuip). Sempit deh. Eh, walaupun sempit, setidaknya di sekitar buffet masih lega untuk 'bergerak'.

Menu:
Secara keseluruhan, Wok tidak punya perbedaan besar antara satu wok dan lainnya. Bedanya dari Gouden Wok A4 (hehe..), pilihan daging di Asian Plaza amat sangat terbatas dan tidak ada es krim di menu buffet *geleng2*. Untuk makan es krim mesti bayar terpisah. Sedangkan kelebihan dari Gouden Wok, pilihan saus mereka lebih banyak. :)

Harga:
Rata-rata hampir sama ya. Senin-Kamis dengan harga lebih murah dari Jumat-Minggu. Dan harganya berkisar dari 16-19 eur per buffet.

Link: Asian Plaza