Saturday, January 27, 2007

Blood Diamond (2006)


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Other

Sutradara: Edward Zwick
Pemain: Leonardo DiCaprio, Djimon Hounsou, Jennifer Connelly, dll
Durasi: 143 menit


23 Januari lalu, film Blood Diamond mendapatkan 5 nominasi Academy Awards: Best Actor (Leonardo DiCaprio), Best Actor in A Supporting Role (Djimon Hounsou), Best Sound Mixing, Best Sound Editing, Best Film Editing.




Mengambil lokasi di Sierra leonne, saat terjadi civil war (late 90). Solomon Vandy (Djimon Hounsou) yang nelayan, ditangkap oleh RUF (Revolutionary United Front), dan terpaksa berpisah dengan keluarganya. Solomon kemudian diharuskan bekerja paksa di diamonds fields dan menemukan pink diamond yang kemudian disembunyikannya. Danny Archer (Leonardo DiCaprio) adalah seorang penyelundup diamond, yang secara tidak sengaja mengenal Solomon. Cerita berlanjut menjadi sebuah perjanjian, pertukaran pink diamond dan penyelamatan keluarga Solomon.

Blood Diamonds kadang lebih dikenal sebagai conflict stones. Nama yang digunakakan oleh sekelompok orang yang berjuang keras mendapatkan perhatian dari dunia, untuk melihat kenyataan yang ada di sekitar penjualan diamond.
Diamond ini diselundupkan dengan maksud mem-biaya-i perang ataupun konflik yang terjadi di negara produsen.

Seperti film lainnya yang mengambil ide dari kejadian nyata, film ini tak lepas dari berbagai kritik. Toh, bagi kami, this is an excellent one. Tepuk tangan bergema di akhir film saat kami menonton di bioskop. :)

Bagi pecinta DiCaprio... he is EXCELLENT!!! Bisa-bisanya memerankan seorang South African dengan aksen yang kental. :)

Link: Blood Diamond

*** Pathe De Munt - Amsterdam