Sunday, January 14, 2007

Apocalypto (2006)


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure

Sutradara: Mel Gibson
Pemain: Rudy Youngblood, Dalia Hernandez, Jonathan Brewer, dll
Durasi: 139 menit
Bahasa Pengantar: Yukatek Maya
(dengan terjemahan bahasa Belanda)


Film ini disutradarai dan dibiayai oleh Mel Gibson. Menggunakan aktor dan artis yang kebanyakan tidak punya pengalaman bermain film sebelumnya. Bercerita tentang desa dari Jaguar Paw yang dimusnakan oleh raiders. Banyak penduduk yang dibunuh, ada juga laki-laki dan perempuan yang dijadikan tahanan. Perjuangan Jaguar Paw untuk membebaskan diri menjadi bagian terbesar cerita dari film Apocalypto.

Beberapa review memperlihatkan kalau film ini mendapat banyak kritik. Terutama oleh ahli-ahli antropologi, arkeologi. Wah, mesti banyak baca artikel-artikel mereka nih. :)

Sebagai orang awam, yang bukan antropolog ataupun arkeolog atau bahkan sejarahwati tapi hanya penikmat film, Apocalypto termasuk film yang 'vulgar' untuk ukuran mata saya. Terutama adegan sacrifice. Duh, potong-potong gitu loh. Tapiii.. tidak vulgar ketika melihat kostum para wanita yang topless. :D ah kamu itu, sa!

Seperti yang diceritakan Mel Gibson pada "Making of Apocalypto", film ini selalu menampilkan gambar yang aktif bergerak. Kamera yang selalu berpindah, diikuti dengan gerakan pemain, yang kadang, bagi saya terlalu cepat. Jadinya malah tidak menangkap sedikitpun objek yang bergerak.

Toh, saya beri 4 bintang. Karena Mel Gibson telah berhasil menyebarkan (virus) semangatnya kepada para aktor/artis bahkan anak-anak yang belum pernah main film sama sekali untuk dapat menjiwai sebuah film besar dan meyakinkan penonton akan 'kebenaran' cerita.

Link: Apocalypto

*** Pathe Arena