Sunday, October 01, 2006

Zwartboek


Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Other

Sutradara: Paul Verhoeven
Pemain: Carice van Houten, Sebastian Koch, Thom Hoffman, Halina Reijn, dll
Durasi: 145 menit
Bahasa pengantar: Belanda, Jerman, Inggris

Zwartboek, di-indonesia-kan menjadi buku hitam.
Film Belanda yang bercerita tentang seorang Rachel Steinn, yang kemudian mengubah namanya menjadi Ellis de Vries, yang penyanyi, yang seorang jewish di masa Perang Dunia II. Kematian orang tua dan adik yang dibunuh oleh tentara Jerman di depan matanya, mengharuskannya untuk dapat menyelamatkan diri sendiri karena menjadi seorang Jewish tidaklah aman.


Seperti film-film Belanda lainnya, film ini juga berisi nudity dan kekejaman. Mungkin, bagi mereka yang terbiasa dengan film Hollywood yang banyak sensor ataupun film Indonesia yang banyak larangan, film ini terlalu 'terbuka', terlalu blak-blakan. Tapi begitulah Belanda. Kadar nudity dan kekejaman yang ada, bagi saya, tidak merusak jalan cerita. Tidak overdrijven. :D

Buku hitam yang menjadi judul, awalnya sama sekali tidak ter'baca' mengapa diberi judul buku hitam. Pada akhirnya, film ini mengangkat tema yang sering terjadi di saat perang. Salah duanya, pengkhianat! dan pengkhianatan!

Paul Verhoeven, sang sutradara, bukan nama baru dalam dunia perfilman. Pernah menyutradarai Starship Troopers (1997), Robocop (1987), Total Recall (1990). Dan yang kemudian baru ta tau, Showgirls (1995), yang banyak adegan 17 tahun yang serba terbuka itu di-sutradarai oleh Paul. Dan, Carice van Houten, pemeran utama film ini telah menguasai layar lebar selama film ini berlangsung. Cantik, menarik, dan akting yang wow. :)

Link Film Zwartboek