Friday, July 28, 2006

Max Havelaar (1976)


Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Sutradara : Fons Rademakers
Pemain : Peter Faber, Sacha Bulthuis, Adendu Soesilaningrat, Rima Melati, dll
Bahasa : Belanda dan Indonesia
Durasi : 170 menit

Max Havelaar diangkat menjadi asisten Lebak setelah asisten sebelumnya meninggal dunia. Max yang idealis, melihat adanya ketidak-adilan dalam kepemimpinan di Lebak, baik dari pemerintah Hindia Belanda maupun dari kalangan bupati dan priyayi. Max yang merasa sudah bersumpah untuk melindungi rakyat, bersikeras untuk menegakkan keadilan. Akhirnya Max dan istri berkesempatan mendengar cerita sebenarnya di balik meninggalnya asisten terdahulu dari janda Slotering (RIma Melati).


Film ini baru sempat saya tonton hari Minggu lalu (23 Juli) lewat penayangan salah satu TV swasta. Walaupun dikeluarkan pada tahun 1976 oleh produsen Belanda, Max Havelaar baru ditayangkan di Indonesia pada tahun 1987. Sebuah rentang waktu yang sangat lama, membuat saya ingin tahu, apakah ada sensor yang dilakukan. :)

Saya belum pernah membaca Max Havelaar, jadi kurang tahu secara mendetil mengenai kritik yang saya baca di beberapa media. Tentang ketidakcocokan penggunaan judul film dengan tulisan dalam buku karangan Multituli yang menjadi sumber pembuatan film ini.

Dapat dimengerti jika memang demikian adanya. Apalagi memindahkan tulisan ke bentuk sinema tidak selalu mudah. Tapi bagi seorang yang belum pernah membaca isi bukunya, setidaknya film ini telah memperlihatkan apa itu Tanam Paksa yang pernah berlaku di masa koloni Belanda dulu, juga bagaimana tingkah laku para priyayi yang semena-mena terhadap rakyatnya. Sebuah kenyataan.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Saya akan menonton dengan seorang Belanda.
"Lihat, apa yang kalian lakukan saat itu." Diapun membalas, "Lihat bagaimana pemerintah kalian memperlakukan rakyatnya."

Nama Max Havelaar telah digunakan oleh banyak negara sebagai sebuah label, untuk menyatakan bahwa produk yang ada telah memperhatikan semua pihak : pekerja, pedagang, produsen, harga, dsb. Tidak hanya digunakan untuk produk kopi, tapi juga oleh produk-produk lainnya. Sebuah label yang memperlihatkan bahwa 'Tanam Paksa' tidak dilakukan oleh produk tsb.


Link dalam bahasa Belanda : Film Max Havelaar